2 Des 2019

Belajar Makna Lagu Sluku-sluku Bathok

Lagu Sluku-sluku Bathok
Ilustrasi gambar dengan teks syair sluku-sluku bathok

Belajar Makna Lagu Sluku-sluku Bathok - Sluku-Sluku Bathok mengandung makna bahwa hidup tidak boleh hanya dihabiskan hanya untuk bekerja saja, kala waktunya istirahat sesuai dengan porsinya. Hal ini untuk menjaga jiwa dan raga agar selalu dalam kondisi yang berimbang. Hidup tidak sekedar mengejar duniawi semata, namun harus berimbang dengan selalu mengingat yang Kuasa.


Bathok berati kepala, yang bermakna kita ini perlu istirahat untuk memaksimalkan kemampuan dari pikiran kita.

Bathoke ela elo, bermakna bahwa dalam istirahat kita mari bersama berzikir (ela elo: Laa ilaaha ilalloh) dengan mengingat Allah, dengan demikiran syaraf Neuron di otak kita akan mengendur. Utamanya ialah ingatlah Allah, dengan mengingat-Nya hati menjadi tentram.

Si Rama menyang Solo, maknanya ialah siram (mandilah, bersucilah) menyang (menuju), Solo (Shalat). Maknyanya lalu bersucilah dan dirikan Shalat.

Oleh-olehe Payung Mutho bermakna maka kita mendapatkan payung (perlindungan) dari Allah SWT.

Mak Jenthit Lolo lo Bah bermakna bahwa kematian itu datangnya tiba-tiba, tidak ada yang mengatahui kapan datangnya. Tidak dapat diprediksi dan tidak dapat juga dikira-kira, tidak bisa dimajukan ataupun dimundurkan.

Wong mati ora obah bermakna bahwa saat kematian itu datang, semua sudah terlambat, kesempatan beramal telah hilang.

Yen obah medeni bocah, bermakna bahwa banyak jiwa-jiwa yang merindukan kembali kepada Allah SWT dan mereka ingin dihidupkan. Tapi Allah tak mengijinkannya itu, jika mayat hidup kembali maka bentuknya akan menakutkan dan mudhorotnya akan lebih besar. Maka dari itu, manfaatkan waktu didunia untuk memperbanyak ibadah, meskipun dalam bekerja, selalu niatkan untuk beribadah.

Yen urip goleko dhuwit bermakna bahwa kesempatan untuk beramal hanya ada disaat sekarang (selagi mampu dan ada waktu). Bukannya dinanti-nanti saat hilangnya kesempatan dan datangnya ketidakmampuan. Tempat beramal hanya disini (dunia) bukan disana (akherat) disana bukanlah tempat beramal (bercocok tanam), melainkan tempat untuk panen raya (memetik hasilnya) – sopo nandur bakal ngunduh.

Maka hemat kata, begitu luar biasanya jika kita mau belajar tentang makna dari syair tembang Sluku-sluku Bathok. Sebuah lagu dengan budaya Jawa yang memberikan makna kehidupan yang sesungguhnya.

Mari semangat bekerja, dan jangan lupa niatkan ibadah di setiap langkah yang kita lakukan.

Artikel Terkait

"Jangan pernah berhenti belajar, karena hidup tak pernah berhenti mengajarkan."


EmoticonEmoticon