2 Nov 2019

Belajar dari Anne Avantie Desainer Kebaya Legendaris Indonesia


Profil Anne Avantie
Profil Anne Avantie


Anne Avantie, siapa yang tidak mengenal beliau seorang perancang busana legendaris Indonesia melalui berbagai koleksi kebaya hasil karyanya.


Seorang desainer besar kelahiran Semarang, 20 Mei 1954. Usianya memang sudah tidak muda lagi, namun karyanmya tidak pernah lekang oleh waktu. Kebaya hasil karyanya telah dikenal di skala internasional dan kerap dipakai oleh para selebriti kenamaan Indonesia, hingga para Miss Universe yang kerap berkunjung di Indonesia.

Bernama asli Sianne Avantie. Anne dilahirkan dari Ayah bernama Hari Alexander dan Ibu Amie Indrianti. Meskipun dilahirkan di Semarang, Anne menghabiskan masa kanak-kanaknya di Kota Surakarta. Sejak bangku Sekolah Dasar, bakat Anne memanglah sudah terlihat ia menunjukan berbagai kreatifitasnya dalam dunia mode. Beberapa kemampuannya diataranya ia dapat membuat pita/hiasan rambut yang ia jual ke teman-temannya. 

Bakat tersebut, terus ia asah, hingga ia sering membuat kostum panggimg untuk grup vokal dan tari di tempat ia sekolah hingga berbagai ajang hiburan remaja di kota Surakarta. Pada tahun 1989 Anne mulai membangun karirnya sebagai perancang busana di sebuah petak rumah kontrakan dengan hanya bermodalkan 2  mesin jahit. Yang kemudian tempat usaha itu dikenal sebagai “Griya Busana Permatasari”.

Terus berkembang hingga tahun 2010, Anne Avantie Desainer Kebaya Legendaris Indonesia ini memiliki dua butik di Mall Kelapa Gading dan Roémah Pengantén, di Grand Indonesia. Selain itu, Anne juga memiliki toko bernama Pendopo yang menjual produk seni dalam negeri hasil karya usaha kecil menengah (UKM). Tidak mau tertinggal oleh perkembangan jaman, saat ini Anne telah merintis situs resmi Anneavantiemall.com yang merupakan e-commerce untuk menjual hasil kerajinan UKM.
Tidak hanya bergelut dengan bisnis semata, disisi lain Anne Avantie dikenal sebagai seorang yang memiliki jiwa sosial yang tinggi. Kepeduliannya terhadap orang-orang yang tidak mampu atau anak-anak berpenyakit khusus ia wujudkan dengan didirikannya Yayasan Amal Wisma Kasih Bunda di Semarang.

Meskipun hanya lulus Sekolah Menengah Pertama (SMP) sosok Anne Avantie tidak henti-hentinya menginspirasi kita. Bahkan, selama karir hidupnya, beberapa penghargaan bergengsi yang pernah diraih diantaranya Kartini Award - 2004, 2005, dan 2008, serta penghargaan Wanita Indonesia Bisa – 2008. Kita bisa belajar banyak dari sosok Anne Avantie Desainer Kebaya Legendaris Indonesia.

"Orang yang mengawali dengan niat baik, tidak akan pernah mendapatkan akhirnya yang tidak baik." - Anne Avantie

Artikel Terkait

"Jangan pernah berhenti belajar, karena hidup tak pernah berhenti mengajarkan."


EmoticonEmoticon